Minggu, 28 April 2013

Rancangan Pengembangan Media Grafis ( Poster) dan Papan Buletin


Rancangan Pengembangan Media Grafis ( Poster)
dan Papan Buletin

I.                    PENDAHULUAN
Dalam proses belajar mengajar, dua unsur yang amat penting adalah metode mengajar dan media pembelajaran. Banyak metode dan media yang bisa digunakan dalam kegiatan belajar mengajar, diantaranya menggunakan media poster dan papan buletin.  Untuk proses belajar mengajar yang baik kita harus menggunakan media pembelajaran yang tepat. Dalam makalah ini akan membahas bagaimana peran media pembelajaran dalam kegiatan belajar, Bagaimana Pengertian Poster dan Papan Buletin, Bagaimana Rancangan Pengembangan Media Grafis dan Papan Buletin. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada uraian dalam makalah ini.

II.                PEMBAHASAN
A.    Peran Media Pembelajaran dalam kegiatan belajar
Dalam pendidikan, media difungsikan sebagai sarana untuk mencapai tujuan pembelajaran. Karenanya, informasi yang terdapat dalam media harus dapat melibatkan siswa, baik dalam benak atau mental maupun dalam bentuk aktivitas yang nyata, sehingga pembelajaran dapat terjadi. Di samping menyenangkan, media pembelajaran harus dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan dan memenuhi kebutuhan individu siswa, karena setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda.
Kemp dan Dayton ( 1985 : 3 – 4 ) mengemukakan beberapa hasil penelitian yang menunjukkan dampak positif dari penggunaan media sebagai bagian integral pembelajaran dikelas, atau sebagai cara utama pembelajaran langsung, sebagai berikut :
a.       Penyampaian pelajaran tidak kaku
b.      Pembelajaran bisa menarik
c.       Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan diterapkannya teori belajar dan prinsip – prinsip psikologis yang diterima dalam hal partisipasi siswa, umpan balik dan penguatan.
d.      Lama waktu pembelajaran yang diperlukan dapat dipersingkat, karena kebanyakan media hanya memerlukan waktu singkat untuk mengantarkan pesan – pesan dan isi pelajaran dalam jumlah yang cukup banyak, dan kemungkinan dapat diserap oleh siswa lebih besar.[1]

B.     Pengertian Poster dan Papan Buletin
Dalam perjalanannya, perkembangan media pembelajaran mengikuti arus perkembangan teknologi.[2]Terdapat berbagai jenis dan macam media, diantaranya yaitu dengan Poster dan Buletin.
Media grafis ( poster ) yaitu kombinasi visual dari rancangan yang kuat dengan makna dan pesan dengan maksud untuk menangkap perhatian orang yang lewat tetapi cukup lama menanamkan gagasan yang berarti dalam ingatannya. Poster berguna untuk motivasi, peringatan dan pengalaman yang kreatif.
Papan buletin merupakan: papan yang khusus digunakan untuk mempertunjukkan contoh-contoh pekerjaan siswa, gambar,bagan,poster dan objek dalam bentuk tiga dimensi. Papan buletin berfungsi untuk menampilkan visual tiga dimensi, dan biasanya ditempatkan pada lokasi yang dapat menarik perhatian orang-orang yang lalu lalang, sehingga dapat singgah dan membaca informasi di papan tersebut, yang berisi tentang suatu kejadian dalam waktu tertentu.



C.     Rancangan Pengembangan Media Grafis ( Poster ) dan Papan Buletin
Dalam melakukan rancangan pemilihan media pembelajaran yang cocok untuk tujuan pembelajaran pada dasarnya merupakan suatu perluasan ketrampilan berkomunikasi yang memerlukan suatu proses secara rinci dan khusus. Dalam penggunaan media pembelajaran ini harus ada kejelasan mengenai maksud dan tujuan pemilihan media pembelajaran tersebut.[3]
Adapun keuntungan menggunakan media poster:
1)      Untuk memotivasi siswa.
2)      Untuk menarik perhatian siwa.
3)      Membuat siswa senang dan nyaman dalam pembelajaran.[4]
Sedangkan keuntungan menggunakan papan buletin:
1)        Meningkatkan minat belajar dan berkarya pada diri siswa.
2)        Mendorong siswa untuk berkarya dan menciptakan produk, berinisiatif memecahkan masalah.[5]
3)        Memberi rangsangan pada kondisi kelas sehingga menjadi menarik.
4)   Membangkitkan semangat dan moral kelas.[6]

III.             PENUTUP
A.    Kesimpulan
Dalam dunia pendidikan, penggunaan media difungsikan sebagai sarana untuk mencapai tujuan pembelajaran. Adapun manfaat menggunakan media dalam pembelajaran, diantaranya: agar penyampaian tidak kaku dan bisa menarik perhatian siswa. Banyak media yang bisa digunakan dalam kegiatan belajar mengajar, diantaranya dengan menggunakan poster dan papan buletin.

B.     Saran
Demikian makalah ini penulis susun. Dan tentunya makalah ini jauh dari kata sempurna. Untuk itu kritik dan saran yang kontruktif dari para pembaca sangat penulis harapkan demi kesempurnaan makalah selanjutnya. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis dan pembaca.


























DAFTAR PUSTAKA

Kustandi, Cecep dan Sutjipto, Bambang, Media Pembelajaran. Bogor . Ghalia: 2011.
Mukhtar, Desain pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta. CV Misaka Galiza: 2009
http://rista-pendidikan.blogspot.com/2009/11/poster-dalam-pembelajaran.html
http:// bimolh5n1.wordpress.com/2008/06/07/10-cara-membuat-poster p://
http:// evietos.blogspot.com/2010/04/media-grafis-papan-flannel-buletin.html


[1]Cecep Kustandi dan Bambang Sutjipto, Media Pembelajaran, ( Bogor : Ghalia, 2011 ), hlm. 23 
[2] Cecep Kustandi dan Bambang Sutjipto, Media Pembelajaran, hlm. 33 
[3]Mukhtar, Desain pembelajaran Pendidikan Agama Islam, ( Jakarta : CV Misaka Galiza), hlm. 118
[4] http://rista-pendidikan.blogspot.com/2009/11/poster-dalam-pembelajaran.html
[5] http:// bimolh5n1.wordpress.com/2008/06/07/10-cara-membuat-poster p://
[6] http:// evietos.blogspot.com/2010/04/media-grafis-papan-flannel-buletin.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar